Ad Code

Responsive Advertisement

Tafsir Surah Al-Isra Ayat 78 tentang Salat

 


Makalah Oleh: Yayik

Abstrak

Tidak ada satupun ayat yang menyebutkan kelima macam salat fardu dan waktunya. Namun, bukan berarti perintah salat tidak ada dalam Alquran. Alquran menjelaskannya dalam surah Al-Isra Ayat 78. Di dalam ayat tersebut setidaknya ada enam poin pembahasan menurut ulama tafsir. Pertama, lafaz as-shalat bermakna salat yang dikerjakan terus-menerus. Kedua, lafaz duluk al-syamsi bemakna salat Zuhur dan Asar. Ketiga, lafaz ghasaq al-lail bermakna salat Magrib dan Isya. Keempat, lafaz qur’na al-fajri bermakna salat Subuh. Kelima, lafaz al-fajri memancarnya cahaya. Keenam, lafaz masyhuda bermakna salat Subuh yang disaksikan oleh malaikat. Dengan demikian ayat ini membahas tentang lima salat fardu beserta waktu pelaksanaannya.

 

Latar Belakang

Salat merupakan rukun islam yang kedua setelah syahadat. Ibadah salat adalah wajib bagi umat Islam dari usia baligh hingga sebelum meninggal. Namun terkadang kita masih kurang memahami, meskipun salat dikerjakan setiap hari, namun di dalam Alquran ternyata tidak ada ayat yang membahas tentang waktu salat secara ekplisit. Bahkan menariknya, tidak ada satu pun ayat dalam Alquran yang menyebutkan kelima macam salat dengan gamblang. Inilah yang menjadi objek kajian para mufasir, ketika ada ayat yang membahas tentang salat seperti halnya Surah Al-Isra ayat 78.

 

Pembahasan

Ayat

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا ۝۷۸

“Dirikanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh! Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)”.

 

Kosa Kata

تفسير القرطبي

أَيْ اجْعَلْهَا قَائِمَةً، أَيْ دَائِمَةً. وَقَدْ تَقَدَّمَ

Dirikanlah salat secara terus menerus

اَقِمِ الصَّلٰوةَ

من وقت زوال الشمس عند الظهيرة

Dari waktu tergelincirnya matahari pada siang hari

لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ

ظلمة الليل

Gelapnya malam

اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ

صلاة الصبح التي تطال فيها قراءة القرآن

Salat Subuh yang bacaan Aqurannya dipanjangkan.

 

وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ

تحضرها ملائكة الليل والنهار

Malaikat malam dan siang hadir di waktu salat Fajar

مَشْهُوْدًا

(القرطبي)

 

Tafsir Ayat


الْمَسْأَلَةُ الْأُولَى: ﴿أَقِمِ الصَّلاةَ﴾  أَيْ اجْعَلْهَا قَائِمَةً، أَيْ دَائِمَةً.


Permasalahan Pertama Lafaz أَقِمِ الصَّلاةَ

Lafaz ini bermakna mendirikan salat secara terus menerus/selamanya.

 

Ahli Tafsir sepakat bahwa salat yang dimaksud di ayat tersebut adalah salat yang difardhukan (shalat lima waktu).

·          الْمَسْأَلَةُ الثَّانِيَةُ: قَوْلُهُ: ﴿لِدُلُوكِ الشَّمْسِ﴾ [الإسراء: ٧٨]:

قد اختلف العلماء في الدلوك المذكور في هذه الآية على قولين:

أحدهما: أنه زوال الشمس عن كبد السماء، قاله عمر وابنه وأبو هريرة وأبو برزة وابن عباس والحسن والشعبي وعطاء ومجاهد وقتادة والضحاك وأبو جعفر، واختاره ابن جرير. والقول الثاني: أنه غروب الشمس، قاله عليّ وابن مسعود وأبي بن كعب وأبو عبيد، وروي عن ابن عباس. وقال الفراء: دلوك الشمس من لدن زوالها إلى غروبها. قال الأزهري: معنى الدلوك في كلام العرب الزوال.

(علي, نيل المرام من تفسير ايات الاحكام , ١٣٠٧هـ)    

 

Permasalahan Kedua Lafaz لِدُلُوكِ الشَّمْسِ

Sungguh para ulama berbeda pendapat dalam menafsirkan lafaz الدلوك. Ada dua pendapat pada ayat diatas:

Pertama: الدلوك bermakna tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit, hal ini dikatakan oleh Sayyidina Umar, Abdullah bin Umar, Abu Hurairah, Abu Barzah, Ibnu Abbas, Hasan, Asy-Syu’bi, Atho’, Qhatadah, Adh-Dhahak, Abu Ja’far, dan pendapat ini dipilih juga oleh Ibnu Jarir.  Kedua: الدلوك bermakna terbenamnya matahari, dikatakan oleh Ali, Ibnu Mas’ud, Ubay bin Ka’ab, Abu Ubaid, dan diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Imam Al-Farra’ telah berkata: دُلُوكِ الشَّمْسِ adalah sejak tergelincirnya matahari hingga terbenamnya matahari. Imam A-Azhari berkata: makna الدلوك di kalangan orang Arab adalah tergelincir matahari.

الْمَسْأَلَةُ الثَّالِثَةُ: ﴿غَسَقِ اللَّيْلِ﴾ [الإسراء: ٧٨]: فِيهِ ثَلَاثَةُ أَقْوَالٍ:

الْأَوَّلُ: إقْبَالُ ظُلْمَتِهِ. الثَّانِي: اجْتِمَاعُ ظُلْمَتِهِ. الثَّالِثُ: مَغِيبُ الشَّفَقِ.

وَقَدْ رَوَى مَالِكٌ فِي الْمُوَطَّإِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ قَالَ: دُلُوكُ الشَّمْسِ مَيْلُهَا. وَغَسَقُ اللَّيْلِ اجْتِمَاعُ اللَّيْلِ وَظُلْمَتُهُ وَرِوَايَةُ مَالِكٍ عَنْهُ أَصَحُّ مِنْ رِوَايَةِ غَيْرِهِ، وَهُوَ اخْتِيَارُ مَالِكٍ فِي تَأْوِيلِ هَذِهِ الْآيَةِ.  وَقَدْ رُوِيَ أَنَّ ابْنَ مَسْعُودٍ صَلَّى الْمَغْرِبَ وَالنَّاسُ يَتَمَارَوْنَ فِي الشَّمْسِ لَمْ تَغِبْ، فَقَالَ: مَا شَأْنُكُمْ؟ قَالُوا: نَرَى أَنَّ الشَّمْسَ لَمْ تَغِبْ. قَالَ: هَذَا وَاَلَّذِي لَا إلَهَ غَيْرُهُ وَقْتُ هَذِهِ الصَّلَاةِ، ثُمَّ قَرَأَ: ﴿أَقِمِ الصَّلاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ﴾ [الإسراء: ٧٨]؛ قَالَ: وَهَذَا دُلُوكُ الشَّمْسِ، وَهَذَا غَسَقُ اللَّيْلِ. وَتَحْقِيقُ ذَلِكَ: أَنَّ الدُّلُوكَ هُوَ الْمَيْلُ، وَلَهُ أَوَّلٌ عِنْدَنَا وَهُوَ الزَّوَالُ، وَآخِرٌ وَهُوَ الْغُرُوبُ، وَكَذَلِكَ الْغَسَقُ هُوَ الظُّلْمَةُ، وَلَهَا ابْتِدَاءٌ وَانْتِهَاءٌ، فَابْتِدَاؤُهَا عِنْدَ دُخُولِ اللَّيْلِ، وَانْتِهَاؤُهَا عِنْدَ غَيْبُوبَةِ الشَّفَقِ، فَرَأَى مَالِكٌ أَنَّ الْآيَةَ تَضَمَّنَتْ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، فَقَوْلُهُ: دُلُوكِ الشَّمْسِ يَتَنَاوَلُ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ، وَقَوْلُهُ: ﴿غَسَقِ اللَّيْلِ﴾ [الإسراء: ٧٨] اقْتَضَى الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ، وَقَوْلُهُ: ﴿قُرْآنَ الْفَجْرِ﴾ [الإسراء: ٧٨] اقْتَضَى صَلَاةَ الصُّبْحِ،

 

Permasalahan Ketiga Lafaz اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ

Terdapat tiga pendapat di dalamnya: pertama, mendekati gelapnya malam. Kedua, berkumpul gelapnya malam. Ketiga, hilangnya senja/mega merah.

Imam Malik telah meriwayatkan dari Ibn Abbas di dalam al-Muwatha’ bahwasannya Ibn Abbas berkata: دُلُوكُ الشَّمْسِ adalah condongnya matahari. Adapun اللَّيْلِ وَغَسَقُ yakni berkumpulnya malam dan gelapnya malam. Adapun riwayat Imam Malik dari Ibn Abbas adalah riwayat yang lebih sahih dibanding riwayat yang lain. Imam Malik memilih periwayatan dari Ibn Abbas dalam mentakwil ayat ini. Sungguh telah diriwayatkan bahwa Ibn Masoud melaksanakan salat Magrib sedangkan orang-orang berolahraga. Lalu ia berkata: “Apa yang kamu lakukan?”. Mereka berkata: “Kami melihat matahari belum terbenam”. Ibn Masoud berkata: “Demi zat tidak ada Tuhan selain Dia, ini adalah waktu salat, lalu beliau membacakan: “ أَقِمِ الصَّلاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ”. Beliau melanjutkan perkataannya: “Inilah terbenamnya matahari, dan inilah terbenamnya malam”. Adapun ketetapan kebenarannya bahwa الدُّلُوكَ  adalah condongnya matahari. Baginya terdapat permulaan, yakni tergelincir matahari dan akhirnya adalah terbenam matahari. Demikian juga  غَسَقِ adalah gelapnya malam, juga memiliki permulaan dan akhir.  Permulaannya adalah masuknya malam dan akhirnya adalah ketika hilangnya merah fajar. Dengan demikian, Imam Malik melihat ayat ini mengandung salat yg lima. Maka firman Allah دُلُوكِ الشَّمْسِ mengandung salat Zuhur dan Asar, firman Allah غَسَقِ اللَّيْلِ menghendaki Magrib, Isya, dan firman Allah قُرْآنَ الْفَجْرِ  menghendaki salat Subuh.

 

الْمَسْأَلَةُ الرَّابِعَةُ: وَسَمَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ قُرْآنًا لِيُبَيِّنَ أَنَّ رُكْنَ الصَّلَاةِ وَمَقْصُودَهَا الْأَكْبَرُ الذِّكْرُ بِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ، وَلِقَوْلِهِ تَعَالَى: ﴿فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ﴾ [المزمل: ٢٠]؛  وَلِقَوْلِ النَّبِيِّ ﷺ: «قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ، يَقُولُ الْعَبْدُ: الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، يَقُولُ اللَّهُ: حَمِدَنِي عَبْدِي». «وَيَقُولُ النَّبِيُّ ﷺ لِلْأَعْرَابِيِّ الَّذِي عَلَّمَهُ الصَّلَاةَ: اقْرَأْ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَمَا تَيَسَّرَ مَعَك مِنْ الْقُرْآنِ»، مَعْنَاهُ صَلُّوا عَلَى مَا يَأْتِي بَيَانُهُ، إنْ شَاءَ اللَّهُ، وَهِيَ أَطْوَلُ الصَّلَوَاتِ قِرَاءَةً.

 

Permasalahan Keempat Lafaz قُرْآنَ الْفَجْر

Allah Swt. memberikan nama salat Subuh dengan قُرْآنًا untuk menjelaskan bahwa rukun salat dan keutamaan tujuannya yaitu berzikir dengan membawa Alquran. Sesuai dengan firman Allah فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ “Maka bacalah apa yang mudah dari Alquran”. Nabi bersabda kepada oang-orang Arab yang mana nabi mengajarkan salat kepada mereka, “Bacalah Al-Fatihah dan surah yang mudah bagimu dari Alquran”. Artinya salatlah kalian sesuai keterangan yang akan datang. Adapun salat Subuh adalah salat yang paling lama bacaannya.

الْمَسْأَلَةُ الْخَامِسَةُ: قَوْلُهُ: ﴿الْفَجْرِ﴾ [الإسراء: ٧٨]: يَعْنِي سَيَلَانَ الضَّوْءِ، وَجَرَيَانَ النُّورِ فِي الْأُفُقِ، مِنْ فَجَرَ الْمَاءُ وَهُوَ ظُهُورُهُ وَسَيَلَانُهُ، فَيَكُونُ كَثِيرًا، وَمِنْ هَذَا الْفَجْرُ وَهُوَ كَثْرَةُ الْمَاءِ وَهُوَ ابْتِدَاءُ النَّهَارِ وَأَوَّلُ الْيَوْمِ. وَالْوَقْتُ الَّذِي يَحْرُمُ فِيهِ الطَّعَامُ وَالشَّرَابُ عَلَى الصَّائِمِ؛ وَتَجُوزُ فِيهِ صَلَاةُ الصُّبْحِ فِعْلًا . حَسْبَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَفْعَلُهُ فِيهَا مِنْ مُوَاظَبَتِهِ عَلَى صَلَاتِهَا فِي الْوَقْتِ الْأَوَّلِ، وَلَا يَجُوزُ أَنْ يُصَلِّيَ بِالْمَنَازِلِ، لَا بِالطَّالِعِ مِنْهَا، وَلَا بِالْغَارِبِ، وَلَا بِالْمُتَوَسِّطِ فِي كَبِدِ السَّمَاءِ؛ لِأَنَّك إذَا تَرَاءَيْت الطَّالِعَ أَوْ الْغَارِبَ فَتَرَاءَى الْفَجْرُ أَوَّلًا؛ لِأَنَّهُ لَا يَجُوزُ تَرْكُ الْأَصْلِ مَعَ الْقُدْرَةِ عَلَيْهِ، وَالرُّجُوعُ إلَى الْبَدَلِ؛ وَإِنَّمَا جَعَلَ اللَّهُ مَوَاقِيتَ الصَّلَاةِ بَيِّنَةً لِيَتَسَاوَى فِي دَرْكِهَا الْعَامِّيُّ وَالْخَاصِّيُّ، وَلِأَجْلِ ذَلِكَ نَصَبَهَا بَيِّنَةً لِلْأَبْصَارِ، ظَاهِرَةً دُونَ اسْتِبْصَارٍ، فَلَا عُذْرَ لِأَحَدٍ أَنْ يُقَلِّبَهَا خُفْيَةً؛ فَذَلِكَ عَكْسُ الشَّرِيعَةِ، وَخَلْطُ التَّكْلِيفِ وَتَبْدِيلُ الْأَحْكَامِ.

 

Permasalahan Kelima Lafaz الْفَجْرِ

Firman Allah lafaz الْفَجْرِ artinya muncul dan memancarnya cahaya di ufuk. Dari kata فَجَرَ الْمَاءُ artinya muncul dan memancarnya air hingga banyak.  Fajar ini ibarat banyaknya air yakni permulaannya siang dan permulaan hari, serta waktu yang diharamkan bagi orang yang berpuasa makan dan minum, dan diperbolehkan pada waktu tersebut melaksanakan salat subuh. Sebagaimana Rasulullah SAW di waktu tersebut secara rutin  melaksanakan salat di awal waktu.

Tidak diperbolehkan bagi siapapun salat di tempat berdiamya (matahari) baik di waku muncul (terbit), maupun di barat (terbenam), dan juga tengah-tengah langit (istiwa’). Jika kamu melihat terbit atau terbenamnya matahari, kamu melihat fajar terlebih dahulu dengan demikian di waktu tersebut tidak boleh meninggalkan kewajiban salat selama masih dalam keadaan mampu dan tidak sampai menggantinya.

Allah menjadikan waktu-waktu salat secara jelas supaya dapat dipahami oleh orang awam dan orang khas. Allah menjadikan jelas dimata tanpa ada peluang untuk meminta penjelasan apapun. Maka tidak ada alasan bagi siapapun yang bisa memutarbalikkan waktu salat yang bertentangan dengan syariat, mencampuradukkan peraturan, dan mengubah hukum.

 

·               الْمَسْأَلَةُ السَّادِسَةُ: قَوْلُهُ: ﴿إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا﴾ [الإسراء: ٧٨]: يَعْنِي مَشْهُودًا بِالْمَلَائِكَةِ الْكِرَامِ وَالْكَاتِبِينَ. ثَبَتَ عَنْ النَّبِيِّ ﷺ مِنْ رِوَايَةِ الْأَئِمَّةِ أَنَّهُ قَالَ: «يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ، وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ وَفِي صَلَاةِ الْعَصْرِ. ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي؟ فَيَقُولُونَ: تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ، وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ». وَبِهَذَا فُضِّلَتْ صَلَاةُ الصُّبْحِ عَلَى سَائِرِ الصَّلَوَاتِ، وَيُشَارِكُهَا فِي ذَلِكَ الْعَصْرُ، فَيَكُونَانِ جَمِيعًا أَفْضَلَ الصَّلَوَاتِ، وَيَتَمَيَّزُ عَلَيْهَا الصُّبْحُ بِزِيَادَةِ فَضْلٍ حَتَّى تَكُونَ الْوُسْطَى، كَمَا بَيَّنَّاهُ فِي سُورَةِ الْبَقَرَةِ، وَاَللَّهُ أَعْلَمُ


Permasalahan Keenam Lafaz  إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Firman Allah lafaz  إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا  yaitu disaksikan malaikat mulia dan pencatat amal. Terdapat keterangan dari Nabi Muhammad saw. dari periwayatan para imam, bahwasannya nabi bersabda: “Di antara kalian para malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian, dan mereka berkumpul di dalam salat Subuh dan salat Magrib”. Kemudian tuhan mereka bertanya “Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hambaku?”. Mereka berkata: “Kami meninggalkan mereka ketika mereka sedang salat, dan kami datang ketika mereka sedang salat”. Demikianlah salat Subuh iu lebih utama daripada salat lainnya dan Allah menggabungkannya dengan salat Asar sehingga salat-salat itu paling utama. Adapun salat Subuh itu disebut dengan salat wustho sebagaimana yang telah kami jelaskan dalam Surah Al-Baqarah karena berbeda atas salat lainnya dan memiliki keutamaan yang lebih.

 (العربي, أحكام القرآن, ٢٠٠٣ م)

 

Hukum Yang Terkandung

  1. Penentuan waktu salat lima waktu, yang tidak sah dikerjakan sebelum atau sesudahnya, dan masuknya waktu termasuk syarat sah salat.
  2. Waktu salat Zuhur adalah sejak tergelincirnya matahari, sedangkan salat Asar setelah selesai waktu Zuhur sampai tenggelamnya matahari.
  3. Kebolehan menjamak salat Zuhur dan Asar karena uzur, karena ketika itu waktunya bergabung.
  4. Waktu salat Magrib adalah setelah tenggelamnya matahari, sedangkan salat Isya setelah selesai waktu Magrib, yaitu ketika gelapnya malam.
  5. Bolehnya menjamak salat Magrib dan Isya karena udzur, karena ketika itu waktunya bergabung.
  6. Waktu salat shubuh adalah ketika terbitnya fajar.
  7. Keagungan salat Subuh dan keutamaan memanjangkan bacaan Alquran di dalamnya.

(الاحم, عون الرحمن في تفسير القران وبيان ما فيه من الهدايات والفوائد والاحكام, ١٤٤١ ه‍)

 

Penutup

Terdapat beberapa poin kesimpulan dari pembahasan di atas:

أقم الصلاة من وقت دلوك الشمس إلى غسق الليل،

Dirikanlah salat mulai tergelincirnya matahari hingga terbenamnya matahari bermakna salat Zuhur dan Asar. Dua salat gelapnya malam yakni salat Magrib dan Isya.

وقرآن الفجر: هي صلاة الصبح فهذه خمس صلوات

Bermakna laksanakanlah  qur’anal fajri yakni salat Subuh.  إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Bermakna bahwa salat Subuh disaksikan/dihadiri oleh malaikat siang dan malam.

Hukum yang terkandung di dalamnya adalah mengenai perintah salat beserta penentuan waktunya. Dan juga kebolehan menjamak salat Zuhur dan Asar, begitu juga salat Magrib dan salat Isya karena waktunya bergabung.

Dengan demikian keseluruhan tafsir ayat ini adalah menjelaskan lima macam salat fardu beserta waktu pelaksanaanya.

 

Daftar Pustaka

القران الكريم

القرطبي, ابو عبد الله: تفسير القرطبي, (دت)

الاحم, سليمان بن إبراهيم بن عبد اللهّ (١٤٤١ ه‍): عون الرحمن في تفسير القرآن وبيان ما فيه من الهدايات والفوائد والاحكام, ج ١٣, دار ابن الجوزي.

بن العربي, محمد بن عبدالله أبو بكر (ت ٥٣٤ هـ): أحكام القرآن لابن العربي, ج ٣, بيروت- لبنان, دار الكتب العلمية,  ٢٠٠٣ م.

 بن حسن ,أبو الطيب محمد صديق خان (ت ١٣٠٧هـ): يل المرام من تفسير ايات الاحكام, ١٣٠٧هـ ,بيروت ,دار الكتب العلمية.

 

والله أعلم بالصواب

 

Penulis: Yayik
Santri Asrama Al-Hikmah, Pondok Pesantren Wahid Hasyim, Yogyakarta.

Posting Komentar

0 Komentar