Haji dan Umrah
(Ikhtilaf Ulama dalam Menafsirkan Surah Al-Baqarah Ayat 196-197)
oleh : Yayik
Latar Belakang
Ibadah haji dan umrah merupakan rukun islam yang kelima. Perbedaan pendapat (ikhtilaf) dikalangan ulama dalam menafsirkan ayat Alquran yang bersifat global adalah hal yang lazim terjadi. Perbedaan para ulama dalam menafsirkan ayat tentang haji dan umrah ini terjadi pada surah Al-Baqarah ayat 196-197. Penafsiran para ulama pada ayat ini mengarah pada beberapa kesimpulan yang berhubungan dengan definisi haji dan hal-hal lain yang berkaitan dengan larangan maupun syarat-syarat haji dan umrah.
Ayat
وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهؙۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهؚ اَذًى مِّنْ رَّأْسِه فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهؙ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ۱۹٦ اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ ١٩٧
Terjemah:
196. Sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Akan tetapi, jika kamu terkepung (oleh musuh), (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat dan jangan mencukur (rambut) kepalamu sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepala (lalu dia bercukur), dia wajib berfidyah, yaitu berpuasa, bersedekah, atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, siapa yang mengerjakan umrah sebelum haji (tamatu’), dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Akan tetapi, jika tidak mendapatkannya, dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (masa) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itulah sepuluh hari yang sempurna. Ketentuan itu berlaku bagi orang yang keluarganya tidak menetap di sekitar Masjidil haram. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha keras hukuman-Nya.
197. (Musim) haji itu (berlangsung pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Siapa yang mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, janganlah berbuat rafaṡ, berbuat maksiat, dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala kebaikan yang kamu kerjakan (pasti) Allah mengetahuinya. Berbekallah karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.
Mufradat
Mufradat
Al-Ihshar secara bahasa bermakna tercegah dan tertahan. ﴿أُحْصِرْتُمْ﴾: الإحصار في اللغة معناه: المنع والحبس
Binatang sembelihan adalah sesuatu yang diberikan untuk baituallah berupa unta ataupun lainnya. ﴿الهدي﴾: الهديُ ما يهدى إلى بيت الله من بدنة أو غيرها
Lafaz mahillah dengan cha yang dikasrah adalah tempat penyembelihan yakni tanah haram atau tempat tertahan (tempat terhalangnya melaksanakan rukun haji disebabkan sakit atau adanya musuh. ﴿مَحِلَّهُ﴾: المحلّ بكسر الحاء الموضع الذي يحل به نحر الهدي وهو الحرم، أو مكان الإحصار.
Lafadz nusuk adalah bentuk jamak dari lafadz nasikah bermakna penyembelihan yang dilakukan hamba sebagai ritual kepada Allah. Makna asal dari kata Nusuk adalah ibadah. ﴿نُسُكٍ﴾: النّسك: جمع نسيكة وهي الذبيحة ينسكها العبد لله تعالى وأصل النسك العبادة
Rafasy yakni perkataan jorok dengan istri ataupun setiap perkataan yang berkaitan dengan jima’ dan menimbulkan birahi. ﴿رَفَثَ﴾: الرفث: الإفحاش للمرأة بالكلام. وكل ما يتعلق بذكر الجماع ودواعيه
Fusuq secara bahasa adalah keluar dari sesuatu. dikatakan: telah keluar (matang) kurma basah apabila keluar dari kulitnya. Fusuq secafa syara' adalah keluar dari ketaatan kepada Allah, diantaranya adalah firman Allah tentang iblis: Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah tuhannya (Al-Kahfi Ayat 50) yang dimaksud didalam ayat ini adalah seluruh kemaksiatan. ﴿فُسُوقَ﴾: الفسوق في اللغة: الخروج عن الشيء يقال: فسقت الرطبة: إذا خرجت من قشرها، وفي الشرع الخروج عن طاعة الله، ومنه قوله تعالى في حق إبليس ﴿كَانَ مِنَ الجن فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ﴾ [الكهف: ٥٠] والمراد في الآية جميع المعاصي.
Perdebatan: pertengkaran dan perselisihan yang umumnya terjadi diantara majikan dan pembantu saat melakukan perjalanan. ﴿جِدَالَ﴾: الجدال: الخصام والمراء، ويكثر عادة بين الرفقة والخدم في السفر.
روائع البيان تفسير آيات الأحكام ج ١ ص ٢٣٨-٢٣٩— محمد علي الصابوني (ت ١٤٤٢
Asbabun Nuzul
أولًا: عن كعب بن عُجرة قال: «حُملتُ إلى النبي ﷺ َ والقمل يتناثر على وجهي، فقال: ما كنتُ أرى أن الجهد بلغ بك هذا!! أما تجد شاة؟ قلت: لا، قال: صم ثلاثة أيام، أو أطعم ستة مساكين، لكل مساكين نصف صاع من طعام واحلق رأسك» فنزلت ﴿فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ بِهِ أَذًى مِّن رَّأْسِهِ﴾ قال فنزلت فيّ خاصة وهي لكم عامة. ثانيًا: عن ابن عباس قال: (كان أهل اليمن يحجون ولا يتزودن، ويقولون: نحو المتوكلون فيسألون الناس، فأنزل الله تعالى ﴿وَتَزَوَّدُواْ فَإِنَّ خَيْرَ الزاد التقوى﴾ . ثالثًا: عن عائشة قالت: «كانت قريش ومن دان دينها يقفون بالمزدلفة، وكانوا يسمون الحس، وسائر العرب يقفون بعرفات،» فلما جاء الإسلام أمر الله نبيه أن يأتي عرفات ثم يقف بها يفيض منها فذلك قوله: ﴿ثُمَّ أَفِيضُواْ مِنْ حَيْثُ أَفَاضَ الناس﴾ . وفي رواية كانوا يقولون: «نحن أهل الله وقطّان حرمه فلا نخرج منه ولا نفيض إلا من الحرم» . وجوه القراءات
روائع البيان تفسير آيات الأحكام ج ١ ص ٢٤٢-٢٤٣— محمد علي الصابوني (ت ١٤٤٢
Pertama: dari Ka’ab ibn ‘Ujrah bahwasannya ia berkata: aku pernah dibawa kepada nabi, sementara wajahku banyak dipenuhi kutu, lalu Nabi berkata: “Aku tidak menduga bahwa gangguan yang engkau alami sampai seperti ini, apakah engkau mempunyai kambing?” Aku berkata: “Tidak”. Nabi berkata: “Berpuasalah 3 hari atau memberikan makan enam orang miskin, untuk setiap orang miskin setengah sha’ makanan dan cukurlah rambutmu”. Maka turunlah firman allah: “Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur)”. Nabi bersabda: “Ayat itu diturunkan secara khusus tentang kamu, dan ayat tersebut berlaku secara umum (yakni untuk orang-orang yang juga mengalami kesulitan)”.
Kedua: dari Ibn Abbas bahwasannya ia berkata: Ahl Yaman biasa melakukan haji dan tidak membekali diri dengan alasan tawakal kepada Allah. Maka turunlah ayat : “Bawalah kalian bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa”.
Ketiga: dari Aisyah bahwasannya ia berkata: Orang Quraisy dan penganut agamanya biasa singgah di Muzdalifah, dan mereka dijuluki dengan Al-Has. Sedangkan orang arab lainnya singgah di Arafah. Maka tatkala islam datang, Allah memerintahkan nabi untuk mendatangi Arafah dan menetap disana kemudian bertolak/ pergi dari sana. Hal ini sesuai dengan firman Allah: Kemudian bertolaklah kamu dari tempat orang banyak bertolak (Arafah): yakni bertolak dari Arafah setelah wukuf menuju Masy’aril haram (Muzdalifah yg terletak diantara Arafah dan Mina). Dalam sebuah riwayat, mereka biasa mengatakan: “Kami adalah umat Allah dan penghuni tempat suci-Nya, maka kami tidak meninggalkan atau memasuki tempat suci kecuali dari tempat suci”.
وَقَدْ رَوَى الْإِمَامُ أَبُو مُحَمَّدِ بْنُ أَبِي حَاتِمٍ فِي سَبَبِ نُزُولِ هَذِهِ الْآيَةِ حَدِيثًا غَرِيبًا فَقَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ، حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْهَرَوِيُّ، حَدَّثَنَا غَسَّانُ الْهَرَوِيُّ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَان، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ أُمَيَّةَ أَنَّهُ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ مُتَضَمِّخٌ بِالزَّعْفَرَانِ، عَلَيْهِ جُبَّةٌ، فَقَالَ: كَيْفَ تَأْمُرُنِي يَا رَسُولَ اللَّهِ فِي عُمْرَتِي؟ قَالَ: فَأَنْزَلَ اللَّهُ: ﴿وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ﴾ فَقَالَ رسولُ اللَّهِ ﷺ: "أَيْنَ السَّائِلُ عَنِ العُمْرة؟ " فَقَالَ: هَا أَنَا ذَا. فَقَالَ لَهُ: "أَلْقِ عَنْكَ ثِيَابَكَ، ثُمَّ اغْتَسِلْ، وَاسْتَنْشِقْ مَا اسْتَطَعْتَ، ثُمَّ مَا كُنْتَ صَانِعًا فِي حَجّك فَاصْنَعْهُ فِي عُمْرَتِكَ".
تفسير ابن كثير - ت السلامة ٥٣٢/١— ابن كثير (ت ٧٧٤)
Imam Abu Muhammad Ibn Abi Haitam telah meriwayatkan sebuah hadis tentang sebab turunnya ayat ini dengan hadis gharib. Ia berkata: Ali ibn Husain telah meriwayatkan kepada kami, Abu Abdillah Al-Harawi telah meriwayatkan kepada kami, Ghassan Al-Harawi telah meriwayatkan kepada kami, Ibrahim Ibn Thamhan telah meriwayatkan kepada kami, dari Atha’, dari Shafwan Ibn Umayyah bahwasannya ia berkata: Seorang lelaki berjubah dengan semerbak wewangian za'faran datang menghadap nabi SAW. la berkata: “Ya nabi, apa yang harus saya lakukan dalam menunaikan umrah?”. Lalu Allah menurunkan ayat “sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah”. Nabi bersabda: “Mana tadi orang yang bertanya tentang umrah?”. Orang itu menjawab: “Saya wahai nabi”. Kemudian nabi bersabda: “Lepaskan bajumu, bersihkan hidung dan mandilah dengan sempurna kemudian kerjakan apa yang kamu kerjakan saat ibadah haji maka perbuatlah hal itu pada ibadah umrahmu”. (diriwayatkan oleh Ibnu Hatim yang bersumber dari Safwan Bin Umayyah).
Makna Ayat
أمر الله المؤمنين بإتمام الحج والعمرة، وأداء المناسك على الوجه الأكمل ابتغاء وجه الله، فإذا مُنع المحرم من إتمام النسك بسبب عدوٍ أو مرض، وأراد أن يتحلل فعليه أن يذبح ما تيسّر له من بدنة، أو بقرة، أو شاة، ونهى تعالى عن الحلق والتحلل قبل بلوغ الهدي المكان الذي يحل ذبحه فيه، أمّا من كان مريضًا أو به أذى في رأسه فإنه يحلق وعليه فدية، إمّا صيام ثلاثة أيام، أو يذبح شاة، أو يتصدق على ستة مساكين، لكن مسكين فدية، صاعٍ من طعام فمن اعتمر في أشهر الحج واستمتع بما يستمتع به غير المحرم من الطيب والنساء وغيرها فعليه ما استيسر من الهدي شكر الله تعالى، فمن لم يجد الهدي فعليه صيام عشرة أيام، ثلاثة حين يحرم بالحج وسبعة إذا رجع إلى وطنه. ذلك التمتع خاص بغير أهل الحرم، أما أهل الحرم فليس لهم تمتع وليس عليهم هدي. ثم بيّن تعالى أشهر الحج وهي (شوال، وذو القعدة، وعشر من ذي الحجة) وأمر من ألزم نفسه الحج بالتجرد عن عاداته، وعن التمتع بنعيم الدنيا، لأنه مقبل على الله، قاصد لرضاه، فعليه أن يترك النساء والاستمتاع بهن، وأن يترك المعاصي والنزاع والجدال مع الناس، وأن يتزود من الأعمال الصالحة التي تقربه من الله. ثم أبان تعالى أن الكسب في أيام الحج غير محظور، وأن التجارة الدنيوية لا تنافي العبادة الدينية، وقد كان الناس يتأثمون من كل عمل دنيوي أيام الحج، فأعلمهم الله أن الكسب فضل من الله لا جناح فيه مع الإخلاص ثم أمر تعالى الناس بعد الدفع من عرفات، أن يذكروا الله عند المشعر الحرام، بالدعاء والتكبير والتلبية، ون يشكروه على نعمة الإيمان، فإذا فرغوا من مناسك الحج، فليكثروا ذكر الله وليبالغوا فيه كما كانوا يفعلون بذكر آبائهم ومفاخرهم. روي عن ابن عباس أنه قال: «كان أهل الجاهلية يقفون في الموسم، يتفاخرون بمآثر آبائهم، يقول الرجل منهم: كان أبي يُطعم، ويحمل الحمالات، ويحمل الديات، ليس لهم ذكرٌ غير فعال آبائهم فأنزل الله ﴿فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَّنَاسِكَكُمْ فاذكروا الله كَذِكْرِكُمْ آبَآءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا﴾ روائع البيان تفسير آيات الأحكام ج ١ ص ٢٤١— محمد علي الصابوني (ت ١٤٤٢(
Allah SWT memerintahkan orang-orang beriman agar menyempurnakan haji, umrah, dan menunaikan manasik secara sempurna dengan mengharap ridho Allah. Maka apabila orang yang sedang ihrom terhalang menyempurnakan ibadahnya sebab adanya musuh atau sakit, dan ia ingin bertahallul, maka wajib atasnya menyembelih hewan yang mudah baginya yakni berupa unta, sapi, ataupun kambing. Allah melarang mencukur rambut dan tahallul sebelum sampainya hewan tersebut ke tempat penyembelihan (artinya harus membayar dam terlebih dahulu). Seseorang yang sakit atau terdapat penyakit dikepalanya maka ia wajib mencukur rambut dan membayar fidiah. Adakalanya berupa puasa tiga hari, menyembelih kambing, atau bersedekah memberi makan 60 orang miskin tetapi dengan catatan setiap satu orang miskin mendapatkan satu sha' makanan. Barang siapa yang umrah dibulan-bulan haji dan menikmati apa yang dinikmati oleh selain yang muhrim, seperti wewangian, wanita, dan lain-lain, maka ia harus berkurban dengan menyembelih hewan atau wajib baginya berpuasa selama 10 hari (3 hari ketika ia ihrom haji dan 7 hari apabila ia kembali ke tanah airnya). Demikian tamattu' khusus bagi selain penduduk tanah haram. Adapun penduduk tanah haram maka tidak ada hak bagi mereka berhaji tamattu' dan tidak wajib atas mereka menyembelih hewan (membayar dam).
Kemudian Allah SWT memperjelas bulan-bulan haji yaitu (Syawal, Zulkaidah, dan sepuluh hari Zulhijah) dan memerintahkan siapa pun yang menunaikan ibadah haji agar meninggalkan kebiasaan-kebiasaannya dan meninggalkan menikmati kebahagiaan dunia, karena demikian adalah menghadap kepada Allah dengan niat mendapatkan ridhonya, maka ia harus meninggalkan wanita-wanita dan meninggalkan kesenangan dengannya, serta meninggalkan dosa, perselisihan, berdebat dengan manusia, dan membekali dirinya dengan amal-amal shaleh yang mendekatkan dirinya kepada Allah.
Allah menjelaskan tentang usaha yang boleh pada hari-hari haji yang tidak dilarang, dan bahwasannya perdagangan duniawi tidak meniadakan ibadah yang bangsa fisik. Kebanyakan manusia menjauh dari pekerjaan yang bangsa duniawi pada hari-hari haji. Kemudian Allah memberitahukan bahwa usaha merupakan karunia dari Allah, tidak ada dosa didalamnya. Kemudian setelah beranjak dari Arafah, Allah memerintahkan manusia untuk berzikir di masy'aril haram dengan berdoa, takbir, talbiyah, dan mengucap syukur atas nikmat iman. Maka apabila kalian telah selesai dari manasik haji, maka perbanyaklah mengingat Allah dan mengagungkan Allah sebagaimana yang dilakukan orang Quraisy untuk mengenang bapak-bapak mereka dan kesombongan mereka.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ia berkata: “Orang-orang jahiliyyah biasa berdiri di musim panas dan mereka membanggakan tentang prestasi/ keunggulan ayah mereka. Salah satu di antara mereka akan berkata: Ayahku biasa memberikan makanan, membawa barang-barang, dan mengambil uang-uang tebusan, Mereka tidak mempunyai zikir selain bapak-bapaknya. Maka Allah menurunkan ayat “Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka berdzikirlah kepada Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut nenek moyang kamu, bahkan berdzikirlah lebih dari itu”.
Hukum yang Terkandung
الحكم الأول: هل العمرة واجبة كالحج؟ اختلف الفقهاء في حكم العمرة، فذهب الشافعية والحنابلة إلى أنها واجبة كالحج، وهو مروي عن (علي) و(ابن عمر) و(ابن عباس). وذهب المالكية والحنفية إلى أنها سنة، وهو مروي عن (ابن مسعود) و(جابر بن عبد الله) .
Hukum pertama: apakah umrah wajib layaknya haji?
Para ulama berbeda pendapat dalam menghukumi umrah, maka Syafi’iyah dan Hanabilah berpendapat bahwa umrah wajib sama seperti haji. Keterangan tersebut diriwayatkan dari Ibnu Umar dan Ibnu Abbas. Sedangkan Malikiyah dan Hanafiyah berpendapat umrah adalah sunnah, diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud dan Jabir bin Abdillah.
الحكم الثاني: هل الإحصار يشمل المرض والعدو؟ اختلف العلماء في السبب الذي يكون به الإحصار، والذي يبيح للمحرم التحلل من الإحرام. فذهب الجمهور (مالك والشافعي وأحمد) إلى أن الإحصار لا يكون إلا بالعدو، لأن الآية نزلت في إحصار النبي ﷺ َ عام الحديبية، عندما منع من دخول مكة هو وأصحابه وكانوا محرمين بالعمرة. وقال ابن عباس: لا حصر إلا حصر العدو. وذهب أبو حنيفة: إلى أن الإحصار يكون من كل حابس يحبس الحاج عن البيت من عدوٍ، أو مرضٍ، أو خوفٍ، أو ذهاب نفقة، أو ضلال راحلةٍ، أو موت محرم الزوجة في الطريق، وغير ذلك من الأعذار المانعة.
Hukum kedua: apakah ihshar (tertahan) mencakup sakit dan musuh?
Ulama ikhtilaf tentang sebab yang dapat menghalangi (terlaksananya manasik haji) dan yang membolehkan bagi muhrim untuk bertahallul dari ihrom. Jumhur ulama: Imam Malik, Syafi'i dan Ahmad berpendapat bahwa yg menghalangi hanyalah musuh, karena ayat ini turun tentang tertahannya nabi dan para sahabat pada tahun hudaibiyyah untuk masuk ke Mekah padahal mereka sedang ihrom untuk umrah. Ibnu Abbas berkata: tidak ada penghalang selain halangan musuh. Imam Abu Hanifah berkata: penghalang adalah setiap yang menghalangi orang yang berhaji dari rumahnya baik berupa musuh, sakit, takut, hilangnya bekal, tersesatnya kendaraan, ataupun wafatnya mahram istri dalam perjalanan, dan berupa udzur-udzur lain yang dapat menghalangi.
الحكم الثالث: ماذا يجب على المحصر، وأين موضع ذبح الهدي؟ الآية الكريمة صريحة في أن على (المحصر) أن يذبح الهدي لقوله تعالى: ﴿فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا استيسر مِنَ الهدي﴾ وأقله شاة، والأفضل بقرة أو بدنة، وإنما تجزئ الشاة لقوله تعالى: ﴿فَمَا استيسر﴾ وهذا رأي جمهور الفقهاء، وروي عن ابن عمر أنه قال: بدنة أو بقرة ولا تجزئ الشاة، والصحيح رأي الجمهور. وأما المكان: الذي يذبح فيه هدي الإحصار فقد اختلف العلماء فيه على أقوال: فقال الجمهور (الشافعي ومالك وأحمد): هو موضع الحصر، سواءً كان حلًا أو حرمًا. وقال أبو حنيفة: لا ينحره إلا في الحرم لقوله تعالى: ﴿ثُمَّ مَحِلُّهَآ إلى البيت العتيق﴾ [الحج: ٣٣] . وقال ابن عباس: إذا كان يستطيع البعث به إلى الحرم وجب عليه، وإلاّ ينحره في محل إحصاره. قال الإمام الفخر: «ومنشأ الخلاف البحث في تفسير هذه الآية، فقال الشافعي: المحِلّ في هذه الآية اسم للزمان الذي يحصل فيه التحلل، وقال أبو حنيفة: إنه اسم للمكان»
Hukum ketiga: apa yang wajib atas orang yang terhalang, dan dimana ia melaksanakan penyembelihan hewan?
Ayat yang mulia menerangkan atas orang yang terhalang untuk menyembelih hewan karena firman Allah: “jika kamu terkepung (oleh musuh), (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat” sekurang-kurangnya seekor kambing, dan pendapat yang shahih adalah pendapat jumhur ulama. Adapun tempat dilaksanakannya penyembelihan, para ulama ikhtilaf atas beberapa pendapat. Jumhur ulama (Syafi'i, Malik, Ahmad) berkata: tempat terhalang baik tempat tersebut ditanah non haram ataupun tanah haram. Imam Abu Hanifah berkata: tidak terhalangi kecuali ditanah haram karena firman Allah: “kemudian tempat penyembelihannya adalah di sekitar Baitul Atiq (Baitullah)”. Al-Hajj Ayat 33. Ibnu abbas berkata: apabila mampu mengirim hewan ke tanah haram maka wajib atasnya, jika tidak maka ia menyembelih hewan ditempat ia tertahan.
Imam Fakhruddin Ar-Razi berkata: sumber perbedaan pendapat adalah pembahasan di dalam tafsir ayat ini, maka Imam Syafi’i berkata: tempat di ayat ini adalah suatu nama yang sesuai dengan waktu tahallul di waktu tersebut. Imam Abu Hanifah berkata: mahillah tersebut adalah isim makan (tempat terhalangnya adalah ditanah haram).
الحكم الرابع: ما هو حكم المتمتع الذي لا يجد الهدي؟
دل قوله تعالى: ﴿فَمَن تَمَتَّعَ بالعمرة إِلَى الحج فَمَا استيسر مِنَ الهدي﴾ على وجوب دم الهدي على المتمتع، فإذا لم يجد الدم - إما لعدم المال، أولعدم الحيوان - صام ثلاثة أيام في الحج، وسبعة أيام إذا رجع إلى أهله. وقد اختلف الفقهاء في هذا الصيام في قوله تعالى: ﴿فَصِيَامُ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ فِي الحج ...﴾ الآية. فقال أبو حنيفة: المراد في أشهر الحج وهو ما بين الإحرامين (إحرام العمرة) و(إحرام الحج) فإذا انتهى من عمرته حلّ له الصيام وإن لم يحرم بعد بالحج، والأفضل أن يصوم يوم التروية، ويوم عرفة، ويومًا قبلهما يعني (السابع، والثامن، والتاسع) من ذي الحجة. وقال الشافعي: لا يصح صومه إلا بعد الإحرام في الحج لقوله تعالى: ﴿فِي الحج﴾ وهي من عند شروعه في الإحرام إلى يوم النحر، والأصح أنها لا تجوز يوم النحر، ولا أيام التشريق، والمستحب أن تكون في العشر من ذي الحجة قبل يوم عرفة. ويرى بعض العلماء أن من لم يصم هذه الأيام قبل العيد، فله أن يصومها في أيام التشريق، لقول عائشة وابن عمر «لم يرخص في أيام التشريق أن يُصَمْن إلا لمن لا يجد الهدي» . ومنشأ الخلاف بين (الحنفية) و(الشافعية) هو اختلافهم في تفسير قوله تعالى: ﴿ثَلاثَةِ أَيَّامٍ فِي الحج﴾ فالحنفية قالوا في أشهر الحج، والشافعية قالوا: في إحرام الحج، وبكلٍ قال بعض الصحابة والتابعين.
وأما السبعة أيام فقد اختلف الفقهاء في وقت صيامها. فقال الشافعية: وقت صيامها الرجوع إلى الأهل والوطن لقوله تعالى: ﴿وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ﴾ . وقال أحمد بن حنبل: يجزيه أن يصوم في الطريق ولا يشترط أن يصل إلى أهله ووطنه. وقال أبو حنيفة: المراد من الرجوع الفراغ من أعمال الحج وهو مذهب مالك. قال الشوكاني: والأول أرجح فقد ثبت في «الصحيح» من حديث ابن عمر أنه ﷺ َ قال: «فمن لم يجد فصيام ثلاثة أيام في الحج، وسبعة إذا رجع إلى أهله» . وثبت أيضًا في الصحيح من حديث ابن عباس بلفظ (وسبعةٍ إذا رجعتم إلى أمصاركم).
Hukum keempat: apa hukumnya seseorang yang haji tamattu' tapi tidak menemukan hadyu (hewan)?
Firman Allah: Siapa yang mengerjakan umrah sebelum haji (tamatu’), dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat, menunjukkan atas wajibnya membayar dam berupa menyembelih hewan bagi orang yang berhaji tamattu', maka apabila ia tidak memenuhi dam karena ketiadaan harta ataupun ketiadaan hewan, maka ia berpuasa selama 3 hari selama haji, dan puasa 7 hari apabila ia kembali ke tanah airnya. Para fuqaha berbeda pendapat tentang puasa ini, dalam firman Allah: فَصِيَامُ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ فِي الحج. Maka abu hanifah berkata yang dimaksud bulan haram adalah bulan yang berada diantara dua ihrom yakni ihrom umrah dan ihrom haji, maka apabila ia telah selesai dari umrahnya maka boleh ia berpuasa sekalipun ia belum ihram haji, dan yang paling utama adalah ia berpuasa pada hari Tarwiyah, Arafah dan satu hari sebelum keduanya, yakni hari ke 7, 8, dan 9 dari Zulhijah. Imam Syafi’i berkata: tidak sah puasanya kecuali setelah ihrom haji karena firman Allah: فِي الحج yakni ketika mulai ihrom haji sampai selesai hari raya kurban dan yang paling shahih adalah tidak boleh berpuasa pada hari raya kurban, dan tidak boleh pada hari tasyriq. Adapun yang disunnahkan adalah sebelum hari Arafah. Sebagian ulama berpendapat bahwa barang siapa yang tidak berpuasa pada hari-hari sebelum hari raya kurban maka baginya boleh berpuasa di hari Tasyriq karena perkataan Sayyidah Aisyah dan Ibnu Umar “Tidak mendapatkan keringanan berpuasa di hari Tasyriq kecuali bagi mereka yang tidak mendapatkan hewan (hadyu)”. Sumber khilaf antara Hanafiyyah dan Syafi’iyah adalah perselisihan mereka di dalam menafsirkan firman Allah: ثَلاثَةِ أَيَّامٍ فِي الحج maka Hanafiyyah berkata pada bulan-bulan haji, sedangkan Syafi’iyyah berkata pada ihrom haji, masing-masing pendapat ada pendapat para sahabat dan tabi'in.
Adapun tujuh hari maka para fuqaha berselisih pendapat pada waktu puasanya. Syafi’iyyah berkata waktu puasanya adalah kembali ke keluarga dan tanah air karena firman Allah: وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ. Imam Ahmad bin Hanbal berkata: mencukupi berpuasa diperjalanan tidak disyaratkan bahwa sampai ke keluarga dan tanah air. Imam Abu Hanifah berkata: yang dimaksud dari kata raja’tum adalah selesainya manasik haji, pendapat Abu Hanifah juga merupakan pendapat Imam Malik. Imam Asy-Syaukani berkata: pendapat pertama adalah pendapat yang lebih kuat. Didalam hadis shahih yang diriwayatkan Ibnu Umar bahwa nabi bersabda: فمن لم يجد فصيام ثلاثة أيام في الحج، وسبعة إذا رجع إلى أهله “Maka barang siapa yang tidak menemukan hewan kurban maka berpuasa 3 hari pada saat haji dan berpuasa 7 hari apabila ia kembali ke negerinya. Didalam hadis shahih juga terdapat hadis dari Ibnu Abbas dengan lafaz وسبعةٍ إذا رجعتم إلى أمصاركم 7 hari apabila kalian kembali ke negeri-negeri kalian.
الحكم الخامس: ما هي شروط وجوب دم التمتع؟ قال العلماء: يشترط لوجوب دم التمتع خمسة شروط: الأول: تقديم العمرة على الحج، فلو حج ثم اعتمر لا يكون متمتعًا. الثاني: أن يحرم بالعمرة في أشهر الحج. الثالث: أن يحج في تلك السنة لقوله تعالى: ﴿فَمَن تَمَتَّعَ بالعمرة إِلَى الحج﴾ . الرابع: ألا يكون من أهل مكة لقوله تعالى: ﴿ذلك لِمَن لَّمْ يَكُنْ أَهْلُهُ حَاضِرِي المسجد الحرام﴾ . الخامس: أن يحرم بالحج من مكة، فإن عاد إلى الميقات فأحرم بالحج لا يلزمه دم التمتع. وقال المالكية: شروطه ثمانية وهي كالتالي (١ - أن يجمع بين الحج والعمر ٢ - في سفر واحد ٣ - في عام واحد ٤ - في أشهر الحج ٥ – وأن تقدم العمرة على الحج ٦ - وأن يكون إحرام الحج بعد الفراغ من العمرة ٧ - وأن تكون العمرة والحج عن شخص واحد ٨ - وألاَّ يكون من أهل مكة) .
Hukum kelima: apa saja syarat wajib membayar dam haji tamattu'?
Para ulama berkata: terdapat 5 syarat atas wajibnya membayar dam haji tamattu'. Pertama: mendahulukan umrah atas haji maka seandainya ia haji kemudian umrah maka bukanlah haji tamattu'. Kedua: bahwa ia ihrom umrah pada bulan-bulan haji. Ketiga: bahwa ia berhaji tamattu' pada tahun haji karena firman Allah: فَمَن تَمَتَّعَ بالعمرة إِلَى الحج. Keempat: bahwa ia bukan penduduk Mekah karena firman Allah: Demikian itu (kewajiban membayar fidiah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidilharam (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Kelima: bahwa ia ihrom haji di Mekah, maka jika ia kembali ke miqat lalu ihrom haji maka tidak wajib membayar dam haji tamattu' (karena tidak dianggap haji tamattu') . Malikiyyah berkata, syaratnya ada delapan: 1) ia mengumpulkan haji dan umrah. 2) dalam satu perjalanan. 3) pada satu tahun. 4) pada bulan-bulan haji. 5) mendahulukan umrah atas haji. 6) ihrom haji setelah selesai umrah. 7) umrah dan haji dilakukan oleh satu orang. 8) ia bukanlah penduduk asli kota Mekah.
الحكم السادس: من هم حاضرو المسجد الحرام؟ دل قوله تعالى: ﴿ذلك لِمَن لَّمْ يَكُنْ أَهْلُهُ حَاضِرِي المسجد الحرام﴾ على أنّ أهل الحرم لا متعة لهم، وهذا مذهب ابن عباس وأبي حنيفة، وقال (مالك، والشافعي، وأحمد) إن للمكي أن يتمتع بدون كراهة وليس عليه هدي ولا صيام، واستدلوا بأن الإشارة تعود إلى أقرب المذكور، وأقرب المذكور هنا وجوب الهدي أو الصيام على المتمتع، وأما أبو حنيفة فقد أعاد الإشارة إلى التمتع، والتقدير: ذلك التمتع لمن لم يكن أهله حاضري المسجد الحرام.
وقد اختلفوا في المراد من قوله تعالى: ﴿حَاضِرِي المسجد الحرام﴾ . فقال مالك: هم أهل مكة بعينها، واختاره الطحاوي ورجحه. وقال ابن عباس: هم أهل الحرم، قال الحافظ: وهو الظاهر.وقال الشافعي: من كان أهله على أقل مسافة تقصر فيها الصلاة، واختاره ابن جرير.وقال أبو حنيفة: هم أهل المواقيت ومن وراءها من كل ناحية. أقول: لعل ما ذهب إليه المالكية هو الأرجح والله تعالى أعلم.
Hukum keenam: siapa saja yang dimaksud dengan hadiril Masjidilharam?
Firman Allah: Ketentuan itu berlaku bagi orang yang keluarganya tidak menetap di sekitar Masjidilharam, menunjukkan bahwa penduduk tanah haram tidak boleh melakukan haji tamattu', ini adalah pendapat Ibnu Abbas dan Imam Abu Hanifah. Sedangkan Imam Malik, Imam Syafii dan Ahmad berkata: bahwa orang Mekah tidak apa-apa melaksanakan haji tamattu' tanpa adanya hukum makruh, dan tidak perlu berkurban ataupun berpuasa, mereka berlandaskan dalil dengan isyarat ayat kembali kepada hal yang terdekat yang telah disebutkan. Hal terdekat yang disebutkan di sini adalah bahwa kurban atau puasa itu wajib bagi orang yang melakukan tamattu'. Adapun Imam Abu Hanifah kembali kepada isyarat tamattu' itu sendiri, taqdir ayat adalah ذلك التمتع لمن لم يكن أهله حاضري المسجد الحرام.
Ulama berselisih pendapat dengan maksud firman Allah: حَاضِرِي المسجد الحرام. Maka Imam Malik berkata: mereka adalah penduduk asli Mekah. Pendapat tersebut dipilih oleh Imam At-Thahawi sekaligus mengunggulkannya. Ibnu Abbas berkata: mereka adalah penduduk tanah haram. Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata: pendapat tersebut adalah pendapat yang jelas. Imam Syafi’i berkata: mereka adalah orang-orang yang mana jarak penduduknya sekurang-kurangnya jarak diperbolehkan mengqashar salat, pendapat tersebut dipilih oleh Ibnu Jarir Ath-Thabari. Imam Abu Hanifah berkata: mereka adalah orang-orang yang menentukan waktu dan orang-orang yang berada di belakang mereka dari segala arah/ penjuru. Aku (Syekh Muhammad Ali Asshabuni) berkata: barangkali keterangan pendapat malikiyyah adalah yang lebih unggul.
الحكم السابع: ما هي أشهر الحج؟
واختلف العلماء في المراد من قوله تعالى: ﴿الحج أَشْهُرٌ مَّعْلُومَاتٌ﴾ ما هي هذه الأشهر؟ فذهب مالك: إلى أن أشهر الحج (شوال، وذو القعدة، وذو الحجة كلّه) وهو قول (ابن عمر) و(ابن مسعود) و(عطاء) و(مجاهد) . وذهب الجمهور (مالك، والشافعي، وأحمد): إلى أن أشهر الحج (شوال، وذو القعدة، وعشر من ذي الحجة) وهو قول ابن عباس، والسدي، والشعبي، والنخعي، وأما وقت العمرة فجميع السنة. قال الشوكاني: «وتظهر فائدة الخلاف فيما وقع من أعمال الحج بعد يوم النحر، فمن قال: إنّ ذا الحجة كله من الوقت لم يُلْزمه دم التأخير، ومن قال: ليس إلا العشر منه قال: يلزم دم التأخير» .
Hukum ketujuh: bulan-bulan haji itu apa saja?
Para ulama berbeda pendapat pada yang dimaksud dari firman Allah: الحج أَشْهُرٌ مَّعْلُومَاتٌ apa saja bulan-bulan nya? Imam Malik berpendapat bahwa bulan-bulan haji adalah Syawal, Zulkaidah dan Zulhijah seluruhnya, demikian itu adalah pendapat Ibnu Umar, Ibnu Mas'ud, Atha', dan mujahid. Jumhur ulama berpendapat (Imam Malik, Syafi’i, dan Ahmad) bahwa bulan-bulan haji adalah Syawal, Zulkaidah, dan 10 hari Zulhijah, demikian adalah qaul Ibnu Abbas, Assuddi, Asy-Syu'bi, dan An-Nakha'i, adapun waktu umrah adalah setahun penuh.
Imam Asy-Syaukani berkata: jelas dampak perbedaannya adalah pada terlaksananya manasik haji setelah hari raya kurban, maka barang siapa yang berpendapat Zulhijah seluruhnya adalah termasuk waktu haji maka tidak wajib membayar dam diakhir, dan barang siapa yang berkata Zulhijah 10 hari adalah termasuk waktu haji maka artinya dia berkata wajib membayar dam diakhir.
الحكم الثامن: هل يجوز الإحرام بالحج قبل أشهر الحج؟ اختلف الفقهاء فيم أحرم بالحج قبل أشهر الحج هل يصح إحرامه؟ على أقوال: الأول: روي عن ابن عباس أنه قال: من سُنّة الحج أن يحرم به في أشهر الحج. الثاني: فذهب الشافعي أن من أحرم بالحج قبل أشهر الحج لم يجرُّه ذلك ويكون عمرة، كمن دخل في صلاة قبل وقتها فإنه لا تجزيه وتكون نافلة. الثالث: مذهب أحمد بن حنبل أنه مكروه فقط ويجوز الإحرام قبل دخول أشهر الحج. الرابع: مذهب أبي حنيفة جواز الإحرام في الحج في جميع السنة كلها وهو مشهور مذهب مالك، واستدلوا بقوله تعالى: ﴿يَسْأَلُونَكَ عَنِ الأهلة قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ والحج﴾ [البقرة: ١٨٩] وقالوا: كما صح الإحرام للعمرة في جميع السنة، كذلك يجوز للحج. قال العلامة القرطبي: «وما ذهب إليه الشافعي أصح لأن هذه عامة وتلك الآية خاصة والخاص يقدم على العام» وقد مال إلى هذا المذهب الشوكاني ورجحه لأنه موافق لظاهر النص الكريم.
Hukum kedelapan: apakah boleh berihrom haji sebelum bulan-bulan haji?
Para fuqaha berbeda pendapat tentang orang-orang yang berihrom haji sebelum bulan-bulan haji apakah sah ihromnya? Pertama: diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ia berkata: termasuk kesunnahan haji adalah berihrom di bulan-bulan haji. Kedua: Imam Syafi’i berpendapat bahwa orang yang berihrom haji sebelum bulan-bulan haji maka demikian tidaklah mencukupi dan ihrom tersebut dianggap sebagai ihrom umrah, seperti layaknya seseorang melaksanakan salat sebelum waktunya maka demikian tidaklah mencukupi dan salat tersebut dianggap sebagai salat sunnah. Ketiga: Mazhab Hanbali menyatakan hanya makruh saja dan boleh berihrom haji sebelum masuknya bulan-bulan haji. Keempat: Mazhab Hanafi boleh berihrom haji di sepanjang tahun, demikian juga qaul tersebut adalah keterangan yang masyhur dikalangan mazhab Imam Malik, mereka berlandaskan dalil firman Allah: يَسْأَلُونَكَ عَنِ الأهلة قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ والحج dan mereka (Mazhab Imam Abu Hanifah dan Imam Malik) mengatakan: sebagaimana sahnya ihrom umrah disepanjang tanun demikian juga boleh/berlaku terhadap ihrom haji. Al-‘Allamah Al-Qurthubi berkata: pendapat Imam Syafi’i adalah pendapat yang lebih shahih karena ayat ini adalah ayat yang 'am (umum) dan ayat itu adalah ayat yang khas (khusus), yang khas didahulukan dari yang 'am. Imam Al-Qurthubi cenderung berpegang kepada pendapat Imam Asy-Syaukani dan mengunggulkannya karena yang demikian lebih sesuai terhadap zahir nash Alquran.
الحكم التاسع: ما هي محرمات الإحرام؟ حظر الشارع على المحرم أشياء كثيرة، منها ما ثبت بالكتاب، ومنها ما ثبت بالسنة، ونحن نذكرها بالإجمال فيما يلي: أولًا: الجماع ودواعيه، كالتقبيل، واللمس بشهوة، والإفحاش بالكلام، والحديث مع المرأة الذي يتعلق بالوطء أو مقدماته. ثانيًا: اكتساب السيئات، واقتراف المعاصي، التي تخرج الإنسان عن طاعة الله.ثالثًا: المخاصمة والمجادلة مع الرفقاء والخدم وغيرهم.
Hukum kesembilan: apa saja yang diharamkan ketika ihrom?
Allah dan rasul melarang beberapa perkara terhadap orang yang sedang berihrom, diantaranya tercantum dalam Alquran maupun hadis nabi. Pertama: persetubuhan dan sebab-sebabnya, seperti berciuman, bersentuhan dengan nafsu, ucapan cabul, dan pembicaraan dengan wanita yang berhubungan dengan persetubuhan atau pendahuluan-pendahuluannya. Kedua: melakukan kejahatan-kejahatan dan perbuatan maksiat-maksiat yang mengeluarkan seseorang dari ketaatan kepada Allah. Ketiga: perdebatan dan pertikaian baik dikalangan teman-teman, pelayan dan selain mereka.
الحكم العاشر: ما هو حكم الوقوف بعرفة، ومتى يبتدئ وقته؟
أجمع العلماء على أن الوقوف بعرفة هو ركن الحج الأعظم، لقوله ﷺ َ: «الحج عرفة، من جاء ليلة جمع قبل طلوع الفجر فقد أدرك». ويرى جمهور العلماء أن وقت الوقوف يبتدئ من زوال اليوم التاسع، إلى طلوع فجر اليوم العاشر، وأنه يكفي الوقوف في أي جزء من هذا الوقت ليلًا أو نهارًا، إلا أنه إذا وقف بالنهار وجب عليه مد الوقوف إلى ما بعد الغروب، أما إذا وقف بالليل فلا يجب عليه شيء. وقد روي عن الإمام (مالك) أنه إذا أفاض قبل غروب الشمس لم يصح حجه وعليه حج قابل، قال القرطبي: «واختلف الجمهور فيمن أفاض قبل غروب الشمس ولم يرجع ماذا عليه؟ فقال (الشافعي وأحمد وأبو حنيفة) عليه دم، وقال (مالك) عليه حج قابل، والهدي ينحره في حج قابل وهو كمن فاته الحج» .
روائع البيان تفسير آيات الأحكام ج ١ ص ٢٤٦-٢٥٦ — محمد علي الصابوني (ت ١٤٤٢
Hukum kesepuluh: apa hukumnya wukuf di Arafah dan kapan waktu dimulainya wukuf?
Para ulama sepakat bahwa wukuf di arafah adalah rukun haji yang paling agung karena sabda nabi: الحجُّ عرفةُ , فمن اَدْرَكَ لَيْلَةَ عرفةَ قبلَ طُلُوْعِ الفَجْرِ من ليلةِ جُمَعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّـهُ. Haji itu adalah wukuf di Arafah, maka barang siapa yang mendapatkan (berwukuf di Arafah) pada malam Arafah, hingga menjelang terbitnya Fajar dari malam berkumpulnya para jama’ah, maka sungguh hajinya telah sempurna.
Jumhur ulama berpendapat bahwa waktu wukuf adalah dimulai sejak tergelincirnya matahari dihari kesembilan hingga terbit fajar hari kesepuluh, dan bahwasanya cukup berwukuf di waktu kapanpun selama masih dalam waktu tersebut baik malam ataupun siangnya, dengan catatan apabila ia wukuf di siang hari maka wajib atasnya memanjangkan wukuf hingga terbenam matahari, adapun apabila ia berwukuf di malam hari maka tidak ada kewajiban apapun atas dirinya. Sungguh diriwayatkan dari Imam Malik bahwa apabila seseorang selesai melaksanakan wukuf sebelum terbenam matahari maka tidak sah hajinya dan wajib atasnya melaksanakan haji yang akan datang.
Imam Al-Qurtuby berkata: jumhur ulama berselisih pendapat tentang seseorang yang telah selesai wukuf sebelum terbenam matahari dan ia pun tidak mengulangi hajinya kembali? Maka Imam Syafi’i, Ahmad, dan Abu Hanifah berkata: wajib atasnya membayar dam. Imam Malik berkata: wajib atas dirinya untuk melaksanakan haji yang akan datang (qodho’). Adapun penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada haji yang akan datang, peristiwa tersebut layaknya seperti seseorang yang ketinggalan haji.
Kesimpulan
Terdapat beberapa poin kesimpulan dari pembahasan diatas:
1. Syafi’iyah dan Hanabilah berpendapat bahwa umrah wajib sama seperti haji. Sedangkan Malikiyah dan Hanafiyah berpendapat bahwa umrah adalah sunnah.
2. Imam Malik, Syafi'i, Ahmad dan Ibnu Abbas berpendapat bahwa ihshar (tertahan) hanyalah musuh. Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa penghalang adalah setiap yang menghalangi orang yang berhaji.
3. Imam Syafi’i, Malik, Ahmad berpendapat tentang tempat penyembelihan hewan apabila tertahan yakni di tanah haram atau non haram. Abu Hanifah berpendapat di tanah haram. Ibnu Abbas berpendapat apabila mampu mengirim hewan ke tanah haram maka wajib atasnya. Jika tidak maka menyembelih di tempat dimana ia tertahan.
4. Permasalahan bagi hukum orang yang haji tamattu’ apabila tidak menemukan hadyu, maka wajib membayar dam (menyembelih hewan). Namun, apabila tidak mampu maka berpuasa 3 hari selama haji, dan puasa 7 hari apabila kembali ke tanah air. Namun Abu Hanifah berpendapat boleh berpuasa sekalipun belum ihram haji. Imam Syafi’i berpendapat tidak sah puasa kecuali setelah ihrom haji. Adapun tujuh hari fuqaha berbeda pendapa tentang waktu puasanya. Syafi’iyah berkata waktu puasanya adalah ssaat kembali ke keluarga dan tanah air. Imam Ahmad bin Hanbal berkata tidak disyaratkan bahwa sampai ke keluarga dan tanah air. Imam Abu Hanifah dan Imam Malik berpendapat adalah selesainya manasik haji.
5. Para ulama berpendapat bahwa terdapat 5 syarat wajib membayar dam haji tamatu. 1) mendahulukan umrah atas haji 2) ihrom umrah pada bulan-bulan haji 3) berhaji tamattu' pada tahun haji 4) bukan penduduk Mekah 5) ihrom haji di mekah. Sedangkan Malikiyah berpendapat ada 8 syarat. 1) mengumpulkan haji dan umrah 2) dalam satu perjalanan 3) pada satu tahun. 4) pada bulan-bulan haji. 5) mendahulukan umrah atas haji. 6) ihrom haji setelah selesai umrah. 7) umrah dan haji dilakukan oleh satu orang. 8) bukan penduduk asli kota Mekah.
6. Ibnu Abbas dan Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa penduduk tanah haram tidak boleh melakukan haji tamattu'. Imam Malik, Imam Syafii dan Ahmad berpendapat bahwa orang Mekah tidak apa-apa melaksanakan haji tamattu'.
7. Imam Malik berpendapat bahwa bulan-bulan haji adalah Syawal, Zulkaidah dan Zulhijah seluruhnya. Jumhur ulama berpendapat (Imam Malik, Syafi’i, dan Ahmad) bahwa bulan-bulan haji adalah Syawal, Zulkaidah, dan 10 hari Zulhijah.
8. Imam Syafi’i berpendapat orang yang berihrom haji sebelum bulan-bulan haji maka tidaklah mencukupi dan ihrom tersebut dianggap sebagai ihrom umrah. Ibnu Abbas berpendapat ihrom haji di bulan-bulan haji adalah sunnah. Mazhab Hanbali menyatakan makruh dan boleh berihrom haji sebelum masuknya bulan-bulan haji. Mazhab Hanafi boleh berihrom haji di sepanjang tahun.
9. Larangan ketika ihrom adalah setiap sesuatu yang berkaitan dengan persetubuhan baik perkataan maupun perbuatan, segala bentuk kemaksiatan, dan pertikaian.
10. Jumhur ulama berpendapat bahwa waktu wukuf adalah dimulai sejak tergelincirnya matahari dihari kesembilan hingga terbit fajar hari kesepuluh. Jumhur ulama berselisih pendapat tentang seseorang yang telah selesai wukuf sebelum terbenam matahari dan tidak mengulangi hajinya kembali. Imam Syafi’i, Ahmad, dan Abu Hanifah berkata: wajib membayar dam. Imam Malik berkata: wajib untuk melaksanakan haji yang akan datang (qodho’).
Daftar Pustaka
القرآن العظيم
ابن كثير ⸲أبو الفداء إسماعيل بن عمر(ت ٧٧٤ هـ): تفسير القرآن العظيم⸲ المحقق: سامي بن محمد السلامة⸲ دار طيبة⸲ ط ٢⸲ ١٩٩٩ م.
الصابوني، محمد علي (ت ١٤٤٢: (روائع البيان تفسير آيات الأحكام، مكتبة الغزالي، بيروت، ط ٣، ١٩٨٠ م.
0 Komentar